Laman

Jumat, 26 Juni 2015

MEMBUAT GAME SEDERHANA MENGGUNAKAN POWER POINT



Selamat bertemu kembali sahabat, pada kali ini kita akan membahas tentang cara untuk membuat sebuah game cursor sederhana dengan menggunakan Microsoft Office Power Point. Game yang dibuat ini lumayan mudah dan sederhana dan juga cara pembuatannya bisa dibilang sangat mudah, anda pun bisa membuat game ini. Langsung to the point aja, berikut langkah2 nya..


1.      Pertama buka dulu aplikasi Microsoft PowerPoint, kita bisa memakai versi yang apa saja


2. Kemudian pada menu Insert pilihlah Shapes => Rectangle

3. Setelah itu tempatkan Shapes ini sebagai background untuk menutupi seluruh slide seperti pada gambar di bawah ini
 
4. Langkah selanjutnya adalah membuat desain dari Game-nya. Buat desain untuk “Start” telebih dahulu dengan menggunakan shapes dan gunakan text box untuk menuliskan Start.

5. Setelah langkah diatas selesai, copy-paste slide tersebut



6. Buatlah desain untuk jalur dari game pada Slide ke 2 dengan cara Insert => Shapes => Lines, atau jika ingin menggunakan jalur yang berkelok bisa gunakan shapes Curves. Pastikan juga untuk membuat desain untuk Finishnya di slide ini.



7. Lalu pertebal lajur yang dibuat dengan cara masuk ke menu Format => Shape Outline => Weight => More Outline

8. Pilihlah ketebalan dari garisnya sesuai dengan keinginan, di sini saya memilih ketebalan garisnya 35 pt klik enter. Setelah  selesai klik Close.

9. Buat Slide baru. Slide ini akan menjadi slide untuk Game Over-nya, tambahkan shape rectangle, kemudian beri warna hitam untuk shapes tersebut.
10. Masukkan Text Box dengan cara pilih menu Insert => Text Box, selanjutnya tulis kata “ANDA MATI.. SILAHKAN COBA LAGI” dan juga tambahkan shapes Rounded Rectangel berukuran kecil di bawahnya yang bertuliskan “MAIN LAGI”

11. Buat 1 Slide lagi. Slide ini akan digunakan ketika kita memenangkan permainan. tambahkan shape rectangle, kemudian beri warna terserah untuk shapes tersebut. Kemudian tambahkan Text Box dengan cara masuk ke menu Insert => Text Box, tuliskan “Selamat Anda berhasil menyelesaikan game ini!!!”. Jangan lupa untuk menambahkan 2 buah Rounded Rectangle Shape di bawahnya, satu bertuliskan “Main Lagi” dan yang satunya bertuliskan “KELUAR”.
12. Langkah selanjutnya adalah menyambungkan slide satu ke slide yang lain. Dimulai dari slide 1. Klik pada shapes Start. Setelah itu pilih menu Insert => Action.

13. Pada jendela Action akan terdapat 2 tab yakni Mouse Click dan Mouse Over. Mouse Click berfungsi saat kita menekan tombol ini maka kita akan dialihkan ke slide yang kita tuju, sedangkan Mouse Over berfungsi pada ssaat Kursor menyentuk tombol maka akan langsung dialihkan ke slide selanjutnya. Pilih lah tab Mouse Click kemudian beri tanda centang pada “Hyperlink to :” kemudian pilihlah “Slide...”
14. Pilihlah Slide 2 kemudian klik OK

15. Beralih ke slide 2. Klik pada background yang menutupi seluruh slide, lalu pilih menu Insert => Action, pada menu action ini pilih Tab Mouse Over => beri tanda pada “Hyperlink to” kemudian pilih “Slide...” maka akan muncul daftar dari slide yang telah kita buat tadi, pilihlah slide “GAME OVER” yang sudah kita buat tadi. Di dalam kasus ini adalah Slide 3, kemudian klik OK dan OK lagi.



16.  Selanjutnya klik pada Shapes Finish. Masuk ke menu Insert => Action, pada menu Action pilih Tab Mouse Over. Beri tanda pada “Hyperlink to” kemudian pilih “Slide...” pilihlah Slide 4 dan klik OK.



 

17.  Beralih ke Slide 3. Pada Slide 3 klik pada Shape “MAIN LAGI”.  Kemudian pilih menu Insert => Action. Pada menu Action pilih tab Mouse Click dan beri tanda pada “Hyperlink to” kemudian pilih “Slide...” pilihlah Slide 1 dan klik OK. Lakukan hal yang sama untuk shape “MAIN LAGI” yang terdapat di slide 4.

18.  Beralih ke Slide 4. Klik pada Shape “KELUAR”, Kemudian pilih menu Insert => Action. Pada menu Action pilih tab Mouse Click dan beri tanda pada “Hyperlink to” kemudian pilih “End Show” => klik OK



 



SELAMAT ANDA BERHASIL MEMBUAT GAME BERBASIS POWER POINT

           Coba terlebih dahulu game yang sudah anda buat dengan cara menekan tombol F5 pada keyboard. Anda bisa mengembangkan game ini ke beberapa level, tergantung kreativitas anda dalam membuat rintangan pada setiap Level-nya.

Berikut ini adalah salah satu screenshoot dari game yang saya buat :

5 komentar:

  1. Nama saya Andika, Request buat admin, buatlah game semenarik mungkin, kemudian kirimkan linknya ke saya.
    nantinya saya akan menggabungkan beberapa game microsoft power point ke blog saya. TQ~

    BalasHapus
  2. Saya adalah guru Agama Islam, saya sangat tertarik sekali dengan gamenya, saya mo minta tolong, bisa tidak dibuatkan beberapa game edukasi pendidikan agama Islam untuK SMP, seperti kuiz atau tebak-tebakan, nanti saya akan beli.

    BalasHapus
  3. mantapzz bro.,
    jazakumullah khoiron..

    BalasHapus